Minggu, 07 Agustus 2022

Pentingnya Personal Branding Bloger dengan PamerBio

Beberapa waktu yang lalu saya mengikuti Personal Branding Webinar dengan narasumber Coach Muqiet - founder COACH. ID dan seorang praktisi strategi branding berbagai bisnis dan public figure. Dari webinar itu saya baru menyadari pentingnya personal branding, termasuk bagi seorang narablog. 

Di era digital seperti sekarang, personal brand adalah apa yang orang lain pikirkan mengenai diri kita, setelah bertemu secara langsung atau setelah mencari nama kita di internet. Misal, si A itu MC, si B itu dokter bedah, Cemil itu jago nulis (maunya hehe...). Sedangkan personal branding adalah semua hal yang kita lakukan untuk membangun citra diri yang positif. Analoginya, personal branding itu proses produksinya, sedangkan personal brand adalah hasil akhirnya. 

Menurut data yang disampaikan pada webinar, ada sekitar 1 miliar nama yang dicari setiap hari di internet, dan 65% orang percaya akan hasil pencarian itu. Apakah nama kalian termasuk yang dicari? 

Coba tes yuk, googling nama lengkap kalian sendiri, apa yang muncul? Lalu tes lagi di Google Search dengan mengetikkan profesi kita sebelum nama. Misal : bloger Mila Kresnawuri, atau penulis Mila Kresnawuri. Apakah hasil pencarian sudah sesuai espektasi? Aku sih no. Belum sesuai. Nah, di situlah pentingnya personal branding, saat kehadiran online diri kita ingin diperkuat menjadi suatu hal positif yang diharapkan. 

Pada webinar yang diberi tajuk "Brand Yourself as a Superstar", dipaparkan bagaimana membangun citra diri menjadi seorang Superstar di era digital ini. 


Coach Muqiet menyampaikan, melakukan personal branding setidaknya akan memberikan hal bermanfaat antara lain sebagai berikut:
  • Meningkatkan kepercayaan diri
  • Memiliki keunggulan dibandingkan dengan yang lain
  • Menunjukkan dan mengembangkan kemampuan
  • Menambah value pribadi
  • Meningkatkan daya jual. Buat bloger, daya jual ini maksudnya supaya dilirik untuk kerjasama ya. 

Bagaimana Cara Melakukan Personal Branding secara Efektif dan Efisien? 

Menurut Coach Muqiet, dapat disimpulkan bahwa kita harus memiliki online presence alias kehadiran daring, di mana kita dapat memilih bagaimana ingin dikenal oleh banyak orang.

Efficiency is doing the thing right. Effectiveness is doing the right thing. - Peter F. Drucker

Sayangnya, masih banyak yang melakukan kesalahan dalam membangun personal brand saat ini, yaitu No Story, No Value dan No Identity. Padahal, tanpa ketiga hal itu, orang lain tidak akan menemukan nama kita sesuai harapan. So, jangan sampai kita yang punya kemampuan sebagai seorang bloger, misalnya, sia-sia karena gagal membangun personal brand yang tepat.

Salah satu cara untuk membangun personal branding adalah dengan menggunakan PamerBio. PamerBio adalah sebuah aplikasi pemasaran online berbasis web, yang berguna untuk melakukan pameran virtual hingga personal branding dengan mudah.

Sebuah link pendek seperti contohnya https://pamer.bio/milakresnawuri ini mudah diingat, dan jika disematkan pada profil media sosial, maka halaman bio berisi informasi penting dan konten dari berbagai platform lain akan lebih mudah diakses siapa saja. Kapan pun, dan di mana pun. 


Kalau kalian mau juga merasakan punya halaman bio, bisa mulai melakukan daftar di website https://pamer.bio, dan mencoba plan gratis. 

Dengan fitur-fiturnya, PamerBio menjadi aplikasi pameran online yang memudahkan siapa saja dalam menampilkan link, informasi, maupun foto dan hal penting lainnya. Namun PamerBio bukan sekedar tumpukan  link. Melainkan sebuah ruang virtual mewakili karakter masing-masing kita yang memajang karya terbaiknya. Dan ini jadi semacam ruang pameran pribadi eksklusif di dunia maya. 


Mengapa harus memilih PamerBio untuk Personal Branding? 

Berikut alasan mengapa kita perlu menggunakan PamerBio untuk membangun personal branding:

Banyak pilihan domain premium
PamerBio menyediakan berbagai pilihan domain premium yang bisa mendukung berbagai kampanye online, baik untuk pribadi maupun bisnis. 

Unlimited links 
Dengan PamerBio, kita bisa membuat banyak link sesuai keinginan dan kebutuhan, tanpa batasan. 

Powerful features 
PamerBio menyediakan fitur yang melimpah untuk mendukung personal branding dan pameran virtual yang dibutuhkan, seperti foto, teks, video, link media sosial, tombol call to action hingga live chat

Daily statistic
PamerBio menyediakan data statistik harian sehingga pengguna dapat memantau dan menganalisis pengunjung bio kita. 

Super fast loading 
PamerBio didukung teknologi tinggi sehingga dapat memberikan full support selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu dengan bantuan asisten virtual. 

Harga murah
Dengan beragam fiturnya yang bermanfaat, harga langganan PamerBio terjangkau untuk berbagai kalangan. 

Kesimpulannya, pentingnya personal branding bagi bloger adalah agar online presence kita dapat memberikan manfaat dan hasil yang maksimal. Yuk mulai bangun personal brand kita dengan PamerBio. 

Rabu, 03 Agustus 2022

Ayo Dukung OYPMK Berdaya

 "Saat wawancara dengan HRD, saya bilang kalau saya OYPMK," tutur Mahdis Mustafa bercerita. Mahdis adalah Supervisor Cleaning Service yang membawahi 20 orang karyawan di perusahaan tempatnya bekerja. 


Sosok Mahdis menjadi insipirasi OYPMK (Orang Yang Pernah Mengalami Kusta), saat tidak semua kalangannya mendapat kesempatan bekerja yang sama seperti orang lain. Dia selalu jujur mengenai keadaannya dan memastikan bisa tidaknya bekerja di perusahaan yang dilamar.  Jika diterima, Mahdis akan melanjutkan proses rekrutmen. Jika tidak,  dia akan melamar kerja lagi ke perusahaan lain.

Berkat kegigihannya, Mahdis akhirnya diterima di PT. Azaretha Hana Megatrading sebagai tenaga  kebersihan outsourcing dengan jabatan supervisor. Ia memimpin 2 tim dengan total karyawan 20 orang laki-laki, dan hanya satu di antara mereka yang bukan OYPMK. 

Fakta Kusta di Indonesia 

Kusta di Indonesia masih menjadi problem yang kompleks, karena tidak hanya menimbulkan masalah medis, tetapi juga meluas hingga masalah sosial, ekonomi dan budaya. Ini terjadi karena masih banyak diskriminasi dan stigma di masyarakat terhadap penyandang kusta maupun keluarganya.

Berdasarkan data penelitian Kementerian Kesehatan, per tanggal 24 Januari 2022 jumlah kasus kusta di Indonesia tercatat ada 13.487 kasus dengan penemuan kasus baru ada 7.146 kasus. Kementerian Kesehatan juga melansir, saat ini masih ada 6 provinsi di Indonesia yang belum terbebas dari kusta. Enam provinsi yang belum mencapai target eliminasi kusta tersebut yaitu: Provinsi Gorontalo, Provinsi Sulawesi Utara, Provinsi Maluku, Provinsi Maluku Utara, Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat (sumber: p2pkemkes.go.id).

Masih banyaknya kasus kusta, dan akibat stigma yang masih berkembang di masyarakat, maka timbul masalah sosial untuk kalangan ini. OYPMK selalu dianggap sebagai kelompok yang tidak produktif, tidak punya kemampuan yang layak. Hal ini menimbulkan kekhawatiran bagi perusahaan penyedia kerja. Khawatir akan kerugian materil maupun hambatan dalam menyediakan aksesibilitas di tempat kerja. 

Pentingnya Dukungan untuk OYPMK

Rabu, 27 Juli 2022 saya mengikuti live YouTube Talkshow Ruang Publik KBR bertajuk Peran Pemerintah Dalam Upaya Peningkatan Taraf Hidup OYPMK. Pada  kesempatan tersebut, hadir sebagai narasumber, Agus Suprapto, DRG. M.Kes, Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Kesehatan dan Pembangunan Kependudukan Kemenko PMK RI serta Mahdis Mustafa, OYPMK Berdaya. 

Talkshow kali membuka lebih banyak wawasan saya tentang bagaimana tantangan OYPMK dan penyandang disabilitas pada umumnya, saat kembali ke masyarakat. Salah satu tantangan yang mereka hadapi adalah minimnya akses pekerjaan. 

Tercatat pada 2019, tingkat partisipasi angkatan kerja (TPAK) disabilitas adalah sebesar 45,9%. Angka ini menunjukkan bahwa dari 10 penyandang disabilitas usia kerja, hanya sekitar 5 orang yang berhasil masuk dalam angkatan kerja. Rendahnya TPAK disabilitas ini mencerminkan tingkat kesulitan yang dialami penyandang disabilitas dan OYPMK di arena kerja. Padahal, seperti cerita Mahdis di atas, OYPMK pun dapat berdaya dan berkarya dengan baik seperti halnya orang lain.

Menurut DRG. Agus Suprapto, tak dapat dipungkiri bahwa masih banyak masyarakat yang takut tertular penyakit kusta dari OYPMK. Meski stigma semacam ini sulit dikendalikan, namun masyarakat dapat diedukasi bahwa kenyataannya tak seberbahaya itu. Orang yang sudah sembuh dari kusta sama dengan orang normal. Di sinilah pentingnya meningkatkan literasi kepada masyarakat

DRG. Agus pun berpesan, kesehatan dan kebersihan, menjadi kunci utama yang harus selalu diperhatikan oleh OYPMK agar kualitas kerja selalu terjaga, serta untuk menghindari risiko tertular atau menularkan berbagai macam penyakit. 

Di sisi lain, kondisi OYPMK jarang memiliki pendidikan tinggi, harus selalu makan obat (6 bulan-1 tahun), serta sebagian besar berasal dari kalangan ekonomi menegah ke bawah. Hal ini  menurut Mahdis yang menjadi tantangan OYPMK dalam memasuki dunia kerja. 


Mahdis yang aktif di organisasi ini pun masih terus berjuang tetap menjaga kesehatan dan kualitas hidupnya. Ia mengakui masih banyak divisi lain di perusahaan tempatnya berkerja yang memandang OYPMK sebelah mata, bahkan terang-terangan menolak berinteraksi. 

Namun itu semua ditepis dengan kesabaran serta menunjukkan performa kerjanya, sehingga lambat laun mereka yang menolak mulai menerima. 

Untuk rekan-rekan OYPMK, selalu jaga kesehatan, tetap belajar dan berusaha, ambil kesempatan dan peluang. - Mahdis Mustafa. 

Kisah Mahdis di atas menuntut kita semua untuk lebih melek literasi mengenai OYPMK. Tak hanya tugas pemerintah dengan berbagai programnya. Perusahaan pemberi kerja dan masyarakat umum pun perlu memberikan dukungan terhadap kalangan ini untuk dapat lebih berdaya di lingkungan sekitar. 

Kamis, 28 Juli 2022

Pengalaman Belanja Online di Website Felancy

Pakaian dalam merupakan bagian tak terpisahkan dari kebutuhan berbusana sehari-hari. Nah untuk kebutuhan sandang yang satu ini, saya memilih Felancy.


Tau dong Felancy? Ini adalah brand lokal pembuat aneka pakaian dalam seperti bra, celana dalam, active wear. Selain itu, Felancy juga punya produk pakaian tidur lho. Saya pribadi sudah lama menjadi pengguna brand ini karena merasa cocok dan nyaman dengan potongan maupun bahannya.  

Pentingnya Kenyamanan Underwear

Bicara tentang pakaian dalam, meskipun dia itu tertutupi pakaian luar alias invisible, tapi tetap harus pilih-pilih yang tepat ya. Jangan sampai dengan alasan invisible, jadi asal pakai aja. 

Menurut Cemil, berikut ini adalah tiga alasan utama mengapa harus selektif memilih pakaian dalam yang nyaman. 

1. Pakaian dalam berfungsi untuk melindungi bagian sensitif tubuh

Pakaian dalam yang digunakan seyogyanya melindungi organ tubuh wanita yang sensitif. Pakaian dalam yang terlalu  longgar atau memiliki potongan yang tidak pas, tidak dapat memberikan fungsi perlindungan secara maksimal. Sebaliknya, pakaian dalam yang terlalu ketat dapat membuat organ sensitif menjadi panas, lembap, dan menghambat sirkulasi darah. Ini dari sisi bentuk dan ukuran underwear. 

Dari sisi bahan, pemilihan pakaian dalam yang tepat dan nyaman akan melindungi organ sensitif terhindar dari kuman atau jamur. Tak jarang banyak yang mengeluhkan ruam dan gatal-gatal karena salah memilih bahan underwear. Bahan terbaik untuk pakaian dalam ini umumnya adalah katun. Selain itu bisa juga menggunakan bahan tekstil lain yang menyerap keringat. 

2. Pakaian dalam dapat membentuk postur tubuh dan meningkatkan kepercayaan diri

Penggunaan korset dipercaya dapat menjaga bentuk tubuh ideal dan menjaga tulang belakang. Namun pemakaian korset selain untuk kesehatan, tidak disarankan setiap hari demi menjaga kelancaran peredaran darah. 

Untuk sehari-hari, pemakaian bra maupun celana dalam yang pas juga mempengaruhi  postur tubuh, sehingga menambah percaya diri dalam berbusana. 

3. Pakaian dalam yang nyaman mempengaruhi aktivitas

Untuk beraktivitas harian, kenyamanan pakaian dalam sangat dibutuhkan. Pilihlah bahan yang  menyerap keringat serta yang bentuk dan ukurannya pas, sehingga  dapat menunjang aktivitas harian, di dalam maupun di luar rumah.

Penggunaan pakaian dalam yang tidak nyaman dapat menyebabkan banyak gangguan seperti  gatal, ruam hingga sakit, yang pada akhirnya dapat menggangu aktivitas. 

Belanja Online Pakaian Dalam Nyaman di Website Felancy

Sekarang saya akan berbagi pengalaman berbelanja online pakaian dalam. Dulu, saya selalu belanja produk pakaian dalam di toko pakaian. Kini makin mudah saja, karena bisa belanja online di websitenya Felancy, www.felancy.co.id.

Belanja di website Felancy, pengunjung bisa memilih berdasarkan kategori pakaian dalam, mulai dari Bra, Panty, Body Shape, Maternity, Sleepwear, Accessories, Casual Wear, Active Wear. Tampak di tampilan muka website ini juga ada produk Best Seller, Flash Sale, Sale dan New Arrival yang kece-kece.

Ceritanya, saya sedang perlu pakaian dalam yang nyaman untuk aktivitas harian di rumah. Cek di website Felancy, saya naksir dengan salah satu produk active wear yaitu Felancy Sport Bra Fashion 070-CA2280. Mumpung sedang ada promosi diskon dari harga Rp110.000 menjadi Rp77.000, cuss saya auto belanja online, masukkan barang ke keranjang, dan checkout

Pilihan pembayaran pesanan di website Felancy bisa melalui Credit/Debit Card, Bank Transfer, Gopay, Shoppee Pay, UOB EZ Pay. Proses dan transaksi belanja ini mendapat notifikasi melalui e-mail yang terdaftar. Beres transaksi belanja, tinggal tunggu barang datang deh. Dan paket yang ditunggu datang 2 hari setelah pemesanan, ke alamat rumah saya di Bogor. Praktis banget! 

Untuk yang baru pertama kali belanja di website Felancy, buat akun dulu ya. Setelah belanja, kita akan dapat Mesa Point yang dapat digunakan sebagai potongan harga pada pembelanjaan berikutnya.

Review Felancy Sport Bra Fashion

Saya memilih membeli produk Felancy Sport Bra Fashion ini karena memerlukan pakaian dalam yang nyaman dipakai seharian meskipun aktif bergerak. Pilihan saya adalah sport bra varian 070-CA2280 karena bantuknya cute dengan aplikasi renda. 

Pilihan warna untuk produk ini ada hitam (black), coklat muda (brown) dan abu-abu (grey).  Size-nya ada M, L dan EL. Ukuran size ini ada di setiap keterangan produk. Jangan lupa ukur lingkar dada agar dapat size yang pas. 


Saya pilih warna grey dengan kode produk SKU: 070-CA2280GRY-ELG. Warna abu-abu menarik hati saya karena seperti warna silver alias perak. Renda di bagian atas bra ini  membuatnya makin manis. Ada busa tipis di dalamnya untuk membentuk sekaligus melindungi. Dan seperti sport bra pada umumnya, potongan produk ini dirancang tanpa pengait. Terlihat sporty namun manis. 
Aksesoris renda yang manis

Busa tipis di dalam 

Pada deskripsi produk disebutkan juga bahan produk ini yaitu polymide. Bahan ini jika disentuh terasa halus namun tidak licin, dapat melar dan ngepas bentuk tubuh. Karet di dada dan di lengan atas elastis, nyaman di badan dan nampak kuat. 

Karet elastis yang nyaman 

Kesan saya setelah menggunakan Felancy sport bra varian 070-CA2280, adalah nyaman. Bahannya ternyata menyerap keringat, tidak bikin sesak dan nyaman buat dipakai bergerak aktif seharian. Mantaplah, sesuai espektasi, dan membuat pengguna jadi Feels Comfy Looks Confident.

Belanja Online Makin Untung dengan Mesa Club


Di atas sudah diceritakan tentang belanja di website Felancy dan mendapat Mesa Point. Nah untuk dapat keuntungan lebih, kita bisa join Mesa Club. Caranya mudah, yaitu : 
  1. Scan barcode Mesa Club
  2. Registrasi email dan password
  3. Tulis nama dan email aktif
  4. Masukkan kode yang dikirim ke email
  5. Masukkan nomor HP
  6. Masukkan nomor OTP yang dikirim ke HP
  7. Tulis password dan tanggal lahir
  8. Selesai.

Langkah-langkah join Mesa Club
Keuntungan join Mesa Club :
  1. Dapat10.000 point langsung setelah registrasi
  2. Setiap pembelanjaan Rp10.000 mendapatkan 100 point berlaku kelipatan
  3. Member yang telah melakukan pembelanjaan Rp100.000 akan mendapatkan birthday gift sebesar 100.000 point
  4. Point yang terkumpul dapat digunakan sebagai potongan belanja di seluruh toko Mesa Group, yaitu Minoshe, The Brahouse, Women's Co., dan INTIMO, dengan toko online-nya : www.sorella.co.id, www.pierrecardinlingerie.id, www.younghearts.co.id, www.felancy.co.id, serta www.thebrahouse.com.
Asik kan.. Nah, untuk pembaca setia blog Cemil, dan yang pingin ikutan #FeelsComfyLooksConfident, ada promo menarik nih di website Felancy. Catat ya:
  • Kode: COMFYWITHFELANCY (KAPITAL SEMUA)
  • Potongan Rp25.000 dengan minimum belanja Rp100.000
  • Kuota tidak dibatasi
  • Periode belanja : 18 Juli - 31 Agustus 2022
Kuy, yang mau untung banyak, segera join Mesa Club, dan belanja online di website Felancy. 

Sabtu, 18 Juni 2022

Pewangi Pakaian Terbaik untuk Hilangkan Bau Membandel

Pewangi pakaian buat saya merupakan salah satu produk belanja bulanan yang wajib dibeli. Produk ini jadi pendamping detergen cuci pakaian, agar hasil cucian lebih lembut dan wangi tahan lama. 



Mengapa saya butuh pewangi pakaian? Begini ceritanya. 

Si bungsu Arkand tergolong aktif berkegiatan fisik. Sebagai penggemar bola sepak, sejak SD ekskul yang diikutinya adalah futsal. Saat ini menginjak kelas 8 SMP pun, kegiatan ekstra kurikulernya futsal. Selain itu, dia hobi olahraga lain seperti bersepeda dan latihan tinju. Dan setiap hari Minggu, Arkand juga latihan beladiri Aikido. Intinya tiada hari tanpa berkeringat deh. Cowok banget ya. Hahaha! 

It's okay, yang penting badan sehat. 

Yang bikin gemes adalah bau keringatnya yang menempel di baju olahraganya. Sepertinya, aroma tak sedap ini bukan hanya karena keringat aktivitas fisiknya deh. Ini adalah komplikasi dari keringat hormon masa pubertas, debu, "bau matahari", asap kendaraan di jalan, dan lain-lain. Bisa terlihat dari kotornya pakaian dan tercium dari bau "nano-nano" 7 rupa saat ia pulang ke rumah. 

Dulu, saya mencuci baju kotor Arkand setelah direndam dengan deterjen sekitar 6 jam. Jika ada noda sulit hilang saat dikucek, saya tambahkan pemutih untuk bajunya yang berwarna putih dan direndam lebih lama. Hasilnya bersih sih, tapi enggak ada wangi-wanginya. Belakangan saya baru tahu kalau merendam cucian terlalu lama malahan dapat membuat serat pakaian rusak dan bau apek. 

Pakai Pewangi Pakaian Terbaik

Untungnya saya menemukan solusi yang pas untuk menghilangkan bau pakaian membandel karena keringat dan lainnya, yaitu dengan menggunakan pewangi pakaian. Bukan sembarangan pewangi dong, tentunya saya juga memilih-milih produk pewangi pakaian terbaik. 


Nih, 8 ciri pewangi pakaian keluarga terbaik versi Cemil. 
  1. Dapat menghilangkan berbagai bau membandel
  2. Wangi tahan lama bahkan setelah dipakai seharian
  3. Harumnya menyegarkan, bukan harum menyengat
  4. Sekaligus berfungsi sebagai pelembut pakaian
  5. Tidak merusak warna pakaian
  6. Takaran hemat untuk hasil wangi
  7. Harga sesuai kualitas
  8. Mudah diperoleh di berbagai toko

Untuk semua kriteria di atas, selama ini pilihan saya jatuh pada Molto. Dan baru-baru ini saya menemukan Molto varian baru di official shop Unilever di Tokopedia yaitu Molto Perfume Boost Korean Strawberry. Wow, ada pewangi pakaian Korea, wajib dicoba dong. 

Produk ini meng-klaim punya teknologi MoodBoost sehingga memiliki ketahanan tujuh kali lebih wangi. Nah ini yang saya cari... untuk menghalau tujuh jenis bau tak sedap yaitu bau keringat, bau apek, bau polusi, bau bawang, bau badan, bau amis, dan bau asap. Mantap. 

Sejak dulu Molto juga menjadi rekomendasi pelembut pakaian. Jadi produk ini merupakan pewangi sekaligus pelembut pakaian keluarga ya. 


Btw, ada yang pernah tau stoberi khas Korea alias Korean Strawberry? Strawberry di sana dipanen pada musim dingin, dengan hasil buah yang besar-besar dan tingkat keasaman rendah, sehingga dominan rasa manis. Lho, kok jadi ngiler yah hahaha. Ikon buah Korea Selatan ini, selain terkenal untuk bahan berbagai kuliner, juga populer harumnya untuk digunakan pada aneka produk yang mengandung pewangi. Ah, saya juga tak mau ketinggalan untuk ngicipin aroma Korean strawberry yang hits itu. 

Selain Molto, ada produk Unilever lainnya juga lho dengan seri keharuman varian Korean Strawberry, yaitu:
  • Superpell Korean Strawberry, cairan pembersih lantai
  • Sunlight Extra Korean Strawberry, sabun cuci piring
  • Rinso Korean Strawberry Powder, deterjen pencuci pakaian. 
Produk-produk tersebut bisa dibeli online di berbagai E-Commerce, maupun di supermarket dan minimarket. 

Produk Unilever dengan keharuman Korean Strawberry

Nah, ulasan saya menggunakan pewangi pakaian Molto Korean Strawberry dapat disimak di bawah ini ya. 


Review Pewangi Pakaian Terbaik Molto Korean Strawberry 

Setelah dicoba, varian baru Molto Korean Strawberry bikin jatuh cinta deh. 

Kemasan 
Seperti varian Molto lainnya, packaging pewangi pakaian terbaik ini hadir dalam pouch plastik tebal 680 ml. Nuansanya merah dan pink bikin gemas karena eye caching, Ada gambar buah strawberry yang menggoda juga sebagai penanda aroma produknya. 

Aroma
Wangi manis khas buah strawberry pada Molto Korean Strawberry tercium sangat menyegarkan dan mewah. Harumnya soft,  tidak menyengat dan tahan lama. Pakai pewangi pakaian terbaik ini, rasanya bikin  pede deh. Tak perlu semprot parfum lagi, seharian beraktivitas, wanginya masih tercium. Beneran nih Perfume Boost yang terkandung membuat good mood karena wanginya menyegarkan. 

Tekstur
Pewangi pakaian ini memiliki tekstur cair sedikit kental. Pas lah. Saat dituang ke ember saja semerbak wanginya sudah tercium. Saya pakai produk ini untuk mengharumkan dan melembutkan pakaian, Cukup 1 tutup botol kecil dimasukkan ke dalam seember besar cucian yang sudah bersih. 

Rekomendasi
Molto Korean Strawberry selain memberikan keharuman semerbak tahan lama juga terbukti sebagai pelembut pakaian. Senang rasanya kalau cucian jadi harum dan lembut. Dengan harga produk Rp16.900 saja, kita dapat menikmati keistimewaan pewangi pakaian terbaik. Menurut saya Molto Korean Strawberry jadi rekomendasi pewangi pakaian yang pantas dicoba.


Gimana, ada yang sudah coba juga pewangi pakaian Molto Korean Strawberry? 

Jumat, 20 Mei 2022

Review Film KKN di Desa Penari, Apakah Sesuai Cerita Aslinya?


Saat PPKM mulai longgar dan pemerintah membolehkan kegiatan secara normal, saya mulai berani untuk menonton bioskop lagi dan penasaran dengan film terlaris sepanjang masa perfilman Indonesia, yaitu KKN di Desa Penari. Lebih dari 9 juta orang tercatat menonton film ini di bioskop sejak tayang perdana 30 April 2022.

Jujurly, saya bukan penikmat thread Twitter yang berjilid-jilid karena saya sendiri jarang buka Twitter. Jadi kudet (kurang update) deh. Saya baru tahu kalau film KKN di Desa Penari adalah adaptasi dari cerita utas Twitter (yang menurut penulisnya merupakan kisah nyata), setelah saya menonton film ini dan membaca berbagai ulasannya.

Jika banyak orang menunggu-nunggu film ini hadir, setelah membaca cerita pada akun Twitter @SimpleMan sejak 24 Juni hingga 25 Juli 2019, terbalik dengan saya yang tidak tahu apa-apa ini. Saya nonton filmnya dulu, baru baca utas Twitter-nya. Maka, kesan saya saat menonton film bergenre horor ini, tidak terpengaruh oleh cerita aslinya di Twitter. 

Sinopsis Film KKN di Desa Penari

Kisah KKN di Desa Penari disebut terjadi sekitar tahun 2009. Enam orang mahasiswa yaitu Widya (Adinda Thomas), Nur (Tissa Biani),  Ayu (Aghniny Haque), Bima (Achmad Megantara), Anton (Calvin Jeremy), dan Wahyu (Fajar Nugraha) melaksanakan tugas KKN (kuliah kerja nyata) di sebuah desa terpencil di Kabupaten "B". 


Awalnya, tak ada yang menyangka bahwa desa ini bukan desa biasa. Pak Prabu (Kiki Narendra), kepala desa di sana, hanya memperingatkan mahasiswa untuk tidak melewati batas gapura terlarang yang disebut Tapak Tilas. 

Hari-hari keenam mahasiswa melaksanakan tugasnya di desa tersebut menjadi mencekam setelah Nur dan Widya diganggu sosok penari cantik. Widya ternyata diincar oleh bangsa lelembut di sana karena "berdarah manis". Sedangkan Nur memang punya kepekaan tinggi terhadap hal gaib. Kemudian, kejanggalan terus terjadi seperti Bima yang berubah sikap hingga program KKN para mahasiswa pun amburadul.

Belakangan, Nur menemukan fakta bahwa ada temannya melanggar aturan di desa tersebut. Hal itu membuat sosok penari bernama Badarawuhi (Aulia Sarah), makhluk penunggu lokasi di sana, memanfaatkan situasi. Badarawuhi digambarkan sebagai siluman ular cantik yang juga dawuh (penari) dan penguasa sinden (tempat mandi para penari).

Teror Badarawuhi yang semakin mencekam, membuat mereka meminta bantuan tetua setempat bernama Mbah Buyut (Diding Boneng). Sayangnya, Mbah Buyut  tidak dapat berbuat banyak, dan para mahasiswa terancam tidak bisa pulang dengan selamat dari desa yang semua warganya berusia tua itu. 

Cerita berakhir tragis saat pelaku yang melanggar aturan desa itu meninggal dengan cara yang mengenaskan karena terjebak di alam gaib. 

KKN di Desa Penari disutradarai oleh Awi Suryadi, diproduksi oleh MD Pictures dan Pichouse Films, dengan produser Manoj Punjabi. Film ini sempat dijadwalkan tayang di bioskop pada Maret 2020 dan Februari 2022, namun dibatalkan karena pandemi Covid-19. 

Pesan Film KKN di Desa Penari

Terlepas dari percaya tidak percaya, nyata atau fiktif, kisah KKN di Desa Penari membawa pesan tersendiri, kurang lebih sebagai berikut. 

1. Kita harus menghormati adat istiadat desa atau suatu tempat dengan mengikuti aturan yang berlaku di sana saat berkunjung ke sana. 

2. Tutur kata dan tata krama yang baik dibutuhkan saat bertamu atau berkunjung ke suatu tempat. 

3. Ada alam lain yang hidup berdampingan dengan alam manusia. Kekuatan iman lah yang dapat membuat kita terhindar dari berbagai godaan menyesatkan. 
 

Kesan Film KKN di Desa Penari

Saya memang penyuka film genre horor, thriller dan misteri. Tapi terus terang, saya lebih sering menonton film produksi Hollywood, karena buat saya terasa lebih menegangkan, dari segi cerita maupun efek sinematografi. 

Penasaran saya terhadap film KKN di Desa Penari lebih karena kabar bahwa ceritanya yang viral di Twitter itu merupakan kisah nyata. Membayangkan ada kisah mistis beneran saat melakukan program kerja kuliah, sepertinya menarik untuk ditonton. Apakah rasa penasaran saya terpenuhi setelah menonton film ini? 

Buat yang baru menonton dan tidak tahu cerita lengkapnya di Twitter seperti saya, sejujurnya saya kurang paham dengan jalan ceritanya. Kenapa Ayu yang akhirnya jadi tumbal Badarawuhi, dan kenapa Widya berhasil lolos padahal Widya yang sejak awal diinginkan siluman ular itu? Alur cerita film ini seperti kehilangan fokus. Saya perlu berpikir lagi untuk mengerti apa maksud filmnya. 

Dari sisi latar tempat, gambaran desa terpencil, hutan maupun sinden tempat pemandian mahasiswi cukup mewakili film. Namun tidak seseram yang dibayangkan. Ya mungkin kalau lokasinya serem banget, para mahasiswa juga ogah KKN di sana ya. Hehe... 

Tapi ini film buat saya ini gak ada horor horornya. Bukan karena tidak ada darah dan sosok seram, tapi lebih karena scene-nya yang tidak berhasil membangunkan bulu kuduk (saya). Hanya ada jump scare di sana sini yang kadang dapat ditebak. Kening saya pun berkerut saat mbah Buyut tiba-tiba berubah menjadi seekor anjing, untuk memandu Widya kembali ke alam nyata. 

Dari sisi pemain, saya apresiasi Tissa Biani di film ini. Peran Tissa sebagai Nur memang menonjol di film KKN di Desa Penari sebagai karakter yang merasakan awal mula keanehan di desa. Ia juga yang dominan berinisiatif di antara teman-teman lainnya. Akting Tissa tampak natural meskipun "terpaksa" menjadi orang yang selalu bertampang serius di sepanjang film. 

Tissa Biani sebagai Nur

Akhir film yang menampilkan seolah-olah dokumentasi atas kisah nyata yang diceritakan, menurut saya tidak perlu. Hal ini malah membuat keraguan saya akan embel-embel "kisah nyata" yang dijual film ini. 

Kesimpulannya? Yes, saya kurang puas menonton film KKN di Desa Penari, karena saya lebih paham jalan ceritanya setelah baca utas Twitternya. Meski demikian, sebagai hiburan setelah sekian lama terisolasi, film ini okelah. Dan saya acungkan 4 jempol atas strategi marketing film ini yang berhasil menjaring penasaran dan antusiasme masyarakat untuk menonton. Juga dengan gimmick versi cut dan uncut-nya. 

Sumber gambar : Instagram @kknmovie