Minggu, 21 April 2019

Ini Loh Rekomendasi Dokter THT Oke di Jakarta (Bag. 2)

Ini lanjutan posting sebelumnya mengenai pengalaman ke dokter THT. Berhubung ceritanya kepanjangan, jadi dibikin part 1 dan part 2. Yang belum baca cerita awal perburuan dokter THT, karena saya takut operasi polip, cuss baca dulu di postingan sebelumnya ya. 

Peralatan THT Lengkap di RS THT Proklamasi

Setelah Prof. Zainul menyatakan bahwa Zia tidak perlu operasi polip, maka Zia diminta tes THT dan pendengaran untuk memastikan bahwa telinganya benar baik-baik saja. Saya nurut aja apa kata Prof Zainul karena saya ingin tuntas beres hari itu juga. 

Zia dibaringkan di ruang pemeriksa dokter lalu dicek dengan alat THT di sana, mulai dari alat yang biasa ada di rumah sakit umum sampai alat periksa yang baru saya kenal, semacam garputala yang ada suaranya didengungkan ke telinga, dll.


Pemeriksaan di Poli

Beres pemeriksaan di Poli itu, lanjut tes pendengaran, yang dilakukan di ruangan berbeda. Prof. Zainul membuat surat pengantar untuk pemeriksaan di ruang Audiologi di lantai 3 RS THT Proklamasi itu.
Surat Pengantar Tes Pendengaran

Masuk ke ruangan sana kami diantar oleh Satpam jaga, karena hanya dia yang mempunyai akses masuk ke ruangan di lantai tersebut (selain paramedis mungkin). Jadi, tidak sembarang orang bisa lalu lalang. Ruangannya saat itu sunyi sepi dan lorong di lantai ini terlihat makin persis dengan lorong hotel. 

Di ruang Audiologi yang berukuran sekitar 3 m x 1.5 m ada seorang perawat/terapis duduk, dan berbagai macam headphone tampak tergantung di dinding. Seumur-umur baru kali itu saya masuk ruang semacam itu.


Ruang Audiologi

Si pasien disuruh duduk dan dipasangkan salah satu headphone. Lalu dites mengulang kata-kata yang terdengar. Beberapa kali Zia dikoreksi kesalahannya. Menurut Zia, kata-kata yang diperdengarkan itu kadang  mendekat kadang menjauh, sehingga bisa terdengar jelas, bisa juga kurang jelas. Mas perawatnya memperhatikan Zia bicara sambil bikin titik-titik dan catatan pada grafik di kertas.

Singkat cerita, setelah pemeriksaan pendengaran selesai, kami kembali ke ruang poli konsul dokter di lantai satu. Komentar Prof. Zainul setelah membaca hasil pemeriksaan itu,: "Yak masih normal semua. Saya kasih obat aja. Kalau mau bukti lagi apakah masih ada polipnya, nanti seminggu lagi rontgen lagi aja".

Wadaw.. professor ini menenangkan hati sekali... tak sia-sia saya kemari. Alhamdulillah. Cuss ah pulang, tiba-tiba perut baru terasa lapar minta diisi. Hehehe... gak kerasa sih kami telah 3 jam lebih di rumah sakit itu. Tinggal ke kasir dan apotik untuk menebus obat, saya pun melenggang dengan ceria, membawa oleh-oleh grafik hasil pemeriksaan audiometri untuk dibawa pulang. Dan di perjalanan pulang, Zia berkomentar : "Bunda ngapain sih periksa macem-macem jauh-jauh gini... Kan aku sehat-sehat ajaa". Ihiks...

Biaya Pemeriksaan di RS THT Proklamasi


Sooo, udah jelas deh ya, rekomendasi dokter THT oke di Jakarta, salah satunya Prof. Zainul A. Djaafar, Sp.THT-KL yang baik hati ini. Yuhuu biayanya berapa untuk mendapatkan ketenangan hati itu? Pasti pada pingin tau kan? Hihihi. Siap-siap aja, ada rupa ada harga. Hehe... Alhamdulillah saya dan anak-anak saya ter-cover asuransi, salah satu  providernya Ad Medika, jadi saya tidak terlalu memikirkan biaya dari awalnya. Tapi saya tetap bawa persiapan dana untuk jaga-jaga jika pemeriksaan di sana tidak di-cover.

Nah, dengan perlengkapan THT yang sedemikian komplit, biaya pemeriksaan di RS THT Proklamasi juga mantap. Di kuitansinya tertera sbb.:
  • Pemeriksaan Poli : Rp250.000
  • Audiometri Nada Murni : Rp100.000
  • Audiometri Tutur : Rp100.000
  • Timpanometri : Rp100.000
  • Tindakan Dokter : Rp350.000
  • Mikroskop Poli : Rp125.000
  • Biaya Obat : Rp384.295
  • Kartu Pasien & Administrasi (pasien baru) : Rp50.000
  • Biaya Materai : Rp6.000
Jadi, totalnya Rp 1.465.295 ๐Ÿ˜ (per Februari 2019).

Hmmm... Alamat limit asuransi yang terbatas itu jadi  menipis.  Ah sudahlah yang penting happy karena tidak ada tindakan operasi. Titik.

Itu sekelumit kisah pencarian dokter THT ter - oke. Pelajarannya, jangan percaya dengan satu diagnosa dokter aja. Apalagi kalau bikin gelisah.

Ada yang punya pengalaman tentang sakit polip / sinus? Share di komentar yaa.
Previous Post
Next Post

Lifestyle blogger, reviewer, content writer

11 komentar:

  1. Selamat malam,

    Terima kasih atas kunjungan Ibu dan tulisannya tentang R.S.Khusus THT-Bedah KL Proklamasi.

    Bersama ini kami ingin menginfokan bahwa Prof. dr. Zainul A. Djaafar, Sp.T.H.T.K.L. (K) sampai saat ini masih rutin berpraktik di R.S.Khusus THT-Bedah KL Proklamasi.

    Demikian, info yang dapat kami sampaikan, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih

    Semoga Ibu dan keluarga selalu dalam keadaan sehat dan bahagia๐Ÿ˜Š

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih informasinya ya..
      Saya ralat lagi update-nya ๐Ÿ™

      Hapus
  2. Makasih mbak cemil untuk postingan infonya jazaakillaah khayra sangat membantu semoga Allah memudahkan urusan mbak sekeluarga
    Tadi sy google search dr tht terbaik jakarta sedang cari jg :)
    Salam kenal
    Miranty

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga mbak. Semoga bermanfaat infonya ya ๐Ÿ˜Š

      Hapus
  3. Mau tanya kalo di RS. proklamasi ini terima BPJS tidak yaa, kalo biaya sendiri lumayan jg ya mba, anak saya ada 3 2 terkena sinus sepertinya, baru saja cek ke dokter harus Ronsen, takut2 disuruh operasi karna agak menyempit lubangnya, kalo biaya segitu lumayan ya 2 anak๐Ÿ˜„๐Ÿคฆ๐Ÿป‍♀️

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mom, sepertinya RS Proklamasi saat ini blm terima BPJS. Bisa dilihat di FAQ di websitenya.

      Hapus
  4. Terima kasih postingann infonya, sangat membantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama²..terimakasih sudah berkunjung ke sini ๐Ÿ˜Š

      Hapus
  5. Terima kasih Mba Cemil, sekarang update polip di hidungnya Zia apakah sudah tuntas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo kak. Updatenya alhamdulillah tidak ada keluhan atau gejala yang mengganggu kak, setelah sekian tahun ini. Cuma belum pernah di rontgen lagi ya, karena gak ada keluhan

      Hapus
  6. hallo mba Cemil. terima kasih banyak atas ulasan yang lengkap dan jelas di RS Khusus THT Bedah KL Proklamasi ini. Kebetulan sekali saya sedang mencari rekomendasi dokter terbaik untuk keluhan yang saya alami. Saya memantapkan diri untuk mencoba konsul ke Prof. dr. Zainul A. Djaafar, Sp.T.H.T.K.L. (K).

    BalasHapus