Menu

Kamis, 25 November 2021

Yuk Cek Jadwal Acara Popmama Parenting Academy 2021

Saya pernah merasa heran mengapa zaman milenial tahun 2000-an, banyak bermunculan ilmu-ilmu parenting. Baik dalam bentuk buku, kajian, forum, seminar atau workshop. Keheranan saya adalah apa iya menjadi orang tua itu perlu “sekolah”? Tapi kemudian pikiran saya terbuka, setelah mengalami sendiri betapa kompleks menjadi orang tua zaman now. Kini, saya mengapresiasi semua publikasi dan event parenting, seperti Popmama Parenting Academy 2021.

Popac-2021-cemil



Ilmu parenting nyatanya bermanfaat, terutama bagi orang tua newbie guna meningkatkan kesadaran, sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagai pendidik pertama bagi anak sejak usia dini. Dengan ilmu ini, para orang tua dapat memahami stimulus tumbuh kembang anak yang optimal, mengantisipasi tantangan pengasuhan, serta meningkatkan keselarasan pendidikan untuk masa depan si buah hati.

Alasan Perlu Tahu Ilmu Parenting

Adakah papa mama yang pernah merasa gagal mendidik anak?

Pada suatu kesempatan, Najwa Shihab pernah menyatakan bahwa ketakutan terbesarnya sebagai orang tua adalah tak bisa menjadi ibu yang baik bagi anak-anaknya. Menurut presenter TV yang menikah muda ini, masa gagal sebagai orangtua merupakan fase yang hampir setiap mama akan rasakan. Karena hal tersebut, maka dukungan dari orang-orang sekitar menjadi penting. Termasuk, mama pun harus lebih banyak belajar, update ilmu pengasuhan anak, dan berdiskusi dengan orang tua lainnya. Saya setuju dengan Mbak Nana.

Popmama Parenting Academy merupakan tempat yang pas untuk mengenyam dan update ilmu parenting. Perhelatan tahunan yang digelar oleh popmama.com ini, memasuki tahun ketiga di tahun 2021. Pop Mama Parenting Academy 2021 atau yang kerap disebut POPAC 2021 dengan seluruh rangkaian acaranya, diharapkan bisa menjadi bekal berharga bagi orang tua milenial dalam menerapkan pola asuh di keluarga.

Acara ini bukan hanya untuk orang tua newbie lho. Semua orang tua baik yang masih menunggu hadirnya buah hati sampai orang tua dengan anak-anak yang sudah beranjak besar dengan tantangannya masing-masing, bisa ikutan acara POPAC.

Rangkaian Acara Popmama parenting Academy 2021


POPAC 2021 akan berlangsung 1 hingga 30 Desember mendatang. Meski diselenggarakan secara virtual karena masih dalam suasana pandemi, rangkaian acara tahun ini tetap menarik untuk diikuti. Dengan mengusung tema Parents Support Parents, nampaknya POPAC kali ini ingin menekankan pentingnya support system, atau sebuah sistem yang saling mendukung untuk mengatasi semua tantangan dalam pengasuhan anak.

Penasaran ada apa saja di Popmama Parenting Academy 2021? Cekidot yuk. Ada 5 acara utama pada gelaran kali ini.

acara-popmama-parenting-academy


1. Webinar

Aneka webinar yang bermanfaat akan digelar untuk mama papa milenial. Temanya sudah pasti akan menarik hati, karena POPAC 2021 punya 4 pilar utama, yaitu : health, education, child abuse, dan financial. Narasumber webinar ini juga bukan kaleng-kaleng. POPAC selalu menghadirkan para pakar yang ahli di bidangnya. Ada dokter, psikolog, story teller, financial planner.

2. Kuliah WhatsApp (Kulwap)

Pada kelas daring melalui WhatsApp ini, mama papa bisa update ilmu parenting nih. Bukan cuma soal pengasuhan anak, tapi juga ilmu lainnya yang bermanfaat untuk keluarga. 

Ini dia narasumber keren yang akan mengisi Parenting Online Class, bulan Desember nanti.

Narasumber-popac-2021
Sumber gambar : Instagram 
@popmama.parenting.academy


3. Content Series

Content Series yang disajikan oleh POPAC 2021 bisa jadi alternatif untuk mama yang tak sempat mengikuti parenting online class

Seri artikelnya komplit serta menarik, dan isinya berharga banget, sayang untuk tidak dilahap. Kategori yang disajikan mulai dari : pregnancy, baby, kid, big kid dan life. Semua bisa diikuti di website POPAC serta di media sosialnya.

4. Popmama Little Star 2021

Punya anak dengan bakat menari, menyanyi, berakting, modeling, atau keahlian dalam olahraga? Yuk, tumbuhkan rasa percaya dirinya dengan mengikuti Popmama Little Star 2021. Kegiatan ini bisa diikuti oleh anak usia 7 - 14 tahun.

Cukup dari rumah saja untuk mengikuti ajang ini, yaitu dengan merekam kebolehan si anak, lalu mempostingnya di akun media sosial milik sendiri atau punya mama. Periode pendaftarannya dari tanggal 15 November sampai 4 Desember 2021, bertabur hadiah jutaan rupiah untuk para finalis.

5. Community Awards

Ada dua kategori pada award ini yaitu Supportive Community dan Educative Community. Penghargaan ini akan diberikan kepada komunitas yang berkontribusi dalam mendukung orang tua Indonesia. Kegiatan ini bisa diikuti beragam komunitas dengan cara menunjukkan aktivitas yang dilakukan.

Pendaftaran Community Awards yang berhadiah uang pembinaan ini ditutup pada 20 November 2021. Pemenangnya akan diumumkan pada Hari Ibu, 22 Desember 2021.

Hanya itu acaranya? Masih ada lagi dong. Jangan lupa pantengin terus deh website Popmama dan media sosialnya Popmama Parenting Academy, agar tak ketinggalan info acaranya.

parents-support-parents

Acara Lainnya di Popmama Parenting Academy 2021


Lomba Blog Popmama Parenting Academy 2021

Buat mama blogger, alias ibu-ibu yang doyan nulis, jangan lewatkan lomba blog ini ya. Selain untuk mengasah kemampuan menulis, tersedia juga hadiah jutaan rupiah untuk pemenangnya. Cuss masih ada waktu sebelum tanggal 30 November 2021. Syarat lengkap dan caranya bisa dicek lebih lanjut di website maupun Instagram POPAC 2021.

Bantu Anak Yatim/Piatu Akibat Covid-19

Pandemi Covid-19 yang melanda dunia membuat ribuan anak Indonesia kehilangan orang tuanya.

data-covid-popac-2021


Sebagaimana dilansir unicef.org,  kehilangan satu atau kedua orang tua dapat mengancam status gizi, pertumbuhan, dan perkembangan anak-anak. Mereka juga lebih berisiko menjadi korban penelantaran, kekerasan, dan eksploitasi, khususnya bagi bayi dan anak usia muda dari keluarga berpendapatan rendah. 

Kolaborasi popmama.com bareng kitabisa.com ingin menggandeng siapa saja yang mau berdonasi bagi anak-anak malang tersebut. Sesuai tema parents support parents, ini juga salah satu cara yang tepat untuk saling mendukung antar keluarga.

Keran donasi dibuka hingga 31 Desember 2021 nanti, dan dana yang terkumpul akan disalurkan melalui program #KawalMasaDepan.


Peluncuran Buku Panduan Pengasuhan Generasi Pandemi

Masa pandemi ini menjadi tantangan sendiri dalam memberikan stimulasi untuk tumbuh kembang anak. Untuk itu, Popmama meluncurkan buku panduan untuk mendidik generasi pandemi, yang tentunya akan sangat bermanfaat untuk para orang tua nantinya.  Buku dengan format e-book ini dapat diunduh di situs popmama.com.

Nah itulah rangkaian kegiatan Popmama Parenting Academy 2021. Padat dan bergizi ya. Yuk kita saling support dengan berpartisipasi di acara POPAC 2021.

**
Baca juga:
Latest
Next Post

17 komentar:

  1. Seru banget acara pop mama parenting academy! sebagai mamak newbi, harus banget ikutan ini sih biar bisa upgrade ilmu seputar parenting

    BalasHapus
  2. referensi yang bagus buat istri saya yang selalu ingin belajar ilmu parenting demi tumbuh kembang anak kami secara fisik dan emosional.

    BalasHapus
  3. Event yang warbiasa untuk membentuk generasi emas masa depan Indonesia dimulai dari ruang lingkup terkecil yaitu keluarga.

    BalasHapus
  4. Popmama parenting academy memangg keren informasi apa saja adaaa di web maupun instagramnya

    BalasHapus
  5. banyak banget ya agenda yang bisa di ikuti dan nyonya harus tahu ini, siapa tau mau ikut kan ya

    BalasHapus
  6. Masya Allah, ini agenda yang super tepat bagi para orang tua agar dapat mendidik anaknya dengan cara yang benar.

    Banyak sekali kepribadian anak itu terbentuk salah satunya adalah didikan orang tuanya, dari kegiatan ini tentu bisa dikupas satu persatu apa saja yang penting dan perlu dilakukan bagi orang tua agar sang anak tumbuh secara optimal.

    Terima Kasih informasinya Kak.

    BalasHapus
  7. Pengen ikutan acara ini. Kayaknya seru banget ya. Dan mau unduh bukunya juga. Tapi sepertinya harus nunggu dulu ya,soalnya belum nemu linknya..

    BalasHapus
  8. Wah acaranya seru dan juga bermanfaat.Jadi mau ikutan juga. Saya tertarik nih buat ikutan kulwap biar ilmu parenting saya nambah

    BalasHapus
  9. Ilmu parenting ini sangat berguna sih mbak ya. Skrng zamannya udh ngeri banget kalau anak tidak dibekali pengarahan dari awal. Untung ada pop mama ya

    BalasHapus
  10. Ini sih acara yang ga boleh ketinggalan, berguna banget untuk mama milenial yang masih awam mendidik anak. Apalagi ilmu parenting gini bisa berguna kapan saja.

    BalasHapus
  11. Menjadi ortu itu bukan pekerjaan yang mudah. Mungkin ortu zaman dulu justru berpikir, seandainya di era mereka ada banyak referensi soal parenting. Gaya komunikasi ortu zaman baheula kan satu arah. Zaman sekarang mana bisa begitu.

    BalasHapus
  12. Setuju dengan kata mbak najwa sihab bahwa ketakutan wanita saat ini adlah tidak dapat menjadi ibu yang baik bagi anak. Nah, mudah-mudahan dengan popmama parenting dapat mendobrak ketakutan tersebut

    BalasHapus
  13. Jadi orangtua memang harus mau terus belajar ya.. di masa sekarang ini sangat dipermudah dengan materi belajar parenting yang bisa didapat dari mana saja, salah satunya di Popmama Parenting Academy.

    BalasHapus
  14. Agendanya banyak banget dan bermacam-macam ya. Jadi banyak opsi ilmu dan keseruan yang bisa diikuti. Bisa jadi referensi ilmu parenting buat Ibunya anak-anak juga nih. Hehe.

    BalasHapus
  15. Ga sabar ya untuk join di acara popmama Parenting Academy 2021, acaranya seru banget pastinya, narasumbernya pun kredibel dibidangnya, ah ga sabar buat join nie

    BalasHapus
  16. Acara dari Popmama Parenting Academy ini banyak banget dan tentu saja bermanfaat sekali.. Jangan sampai ketinggalan deh ya :D

    BalasHapus
  17. ilmu parenting ternyata cukup penting, sebagai orang tua harus memberikan yang terbaik untuk anaknya.

    BalasHapus