Selasa, 06 April 2021

Lawan Jerawat dengan Scarlett Acne Serum

Siapa yang kulitnya berjerawat musiman kayak durian? Hehe. Maksudnya sebulan sekali atau saat-saat tertentu, si pemanis wajah datang tak diundang. Toss dulu deh kalo samaan. Etapi... Cemil ketemu dong jurus lawan jerawat macam gini. Di bawah ini ceritanya...


Jerawat, atau bahasa kerennya acne vulgaris biasanya terjadi saat folikel rambut di kulit tersumbat oleh minyak berlebih dan atau sel kulit mati. Kalau jerawat musiman yang dimaksud tadi itu, munculnya lebih karena kondisi hormonal yang berubah ya. Umumnya sih dialami perempuan saat menjelang masa menstruasinya. Atau kala sedang kangen. Eaaa... Atau saat sedang banyak pikiran dan emosi. Hmmm...

Pilih-Pilih Obat Jerawat

Fyi, jenis kulit saya berminyak dengan pori-pori besar. Jerawat gak parah, cuma muncul musiman. Meski muncul kadang-kadang, tapi bikin jengkel juga sih. Nongol memang hanya satu dua, tapi bekasnya lama hilang. Kadang di pipi, di dagu, di dahi, di hidung, di atas mulut. Hadeuuh... Ada yang ngalamin gitu juga?

Nah sejak merek Scarlett Whitening booming, saya lirik-lirik juga produk perawatan wajahnya untuk acne care. Ada dua macam serumnya Scarlett ini yaitu  Acne Serum dan  Brightly Ever After Serum. Karena niatnya cari perawatan untuk lawan jerawat, maka saya  ngincer acne serum-nya. Sebelumnya, saya udah cobain produk perawatan tubuh Scarlett Whitening yang hype itu dan cocok banget. Bisa dicek di sini ulasannya : Menikmati Me Time Bersama Scarlett Whitening Body Care.

Akhirnya, dengan tekad bulat, saya pun order Scarlett Acne Serum ini. Produk perawatan kulit berjerawat milik artis Felicya Angelista ini, ada krim siang dan krim malamnya juga. Tapi, berhubung jerawat saya tergolong jinak (bukan jerawat batu ataupun jerawat bandel), maka saya hanya beli serumnya. Plus order Scarlett Whitening Face Wash, untuk melengkapi perawatan wajah saya. Saya beli online di official shop-nya di Shopee seharga masing-masing Rp75.000. Sering ada diskon juga di sini.


Review Scarlett Whitening Facial Wash

Sebelum mengulas Acne Serum, Cemil mau cerita pengalaman pakai Scarlett Whitening Facial Wash dulu ya.

Sabun cuci muka Scarlett Whitening ini dikemas dalam botol plastik bening 100 ml yang praktis. Dus pembungkusnya aman untuk pengiriman barang. Botol ukuran seperti ini enak tuk dibawa-bawa travelling, karena ramping, gak makan banyak tempat. Isi sabunnya berwana bening dengan ada sedikit bulir-bulir merah kelopak mawar.

Produk ini mengandung Glutathione,  Aloe Vera, Rose Petals, dan Vitamin E, seperti tertera di botolnya. Glutathione berguna untuk melembabkan, meningkatkan elastisitas, dan mencerahkan kulit. Juga melindungi kulit dari radikal bebas. Kandungan rose petals atau kelopak bunga mawar, berfungsi untuk menyegarkan kulit. Aloe vera berguna untuk melembabkan, mengatasi peradangan, menenangkan dan menghaluskan kulit. Sedangkan  vitamin E sih memang vitaminnya kulit ya. Ia bermanfaat untuk melembabkan, mengatasi peradangan serta menenangkan kulit. 
Teksturnya agak kental, tidak terlalu cair, dengan ada sedikit wangi. Pas deh. Kalau sabun muka terlalu wangi rasanya malah mengganggu buat saya. Tuang secukupnya di telapak tangan, lalu usap merata ke wajah dan dibilas. Setelah cuci muka dengan Scarlett Whitening Facial Wash rasanya adem banget dan kulit terasa halus. Saya pakai sabun muka ini pagi dan sore/malam saat mandi.

Scarlett Whitening Facial Wash tidak mengandung SLS alias sodium lauryl sulfate. Ini adalah bahan yang sering terkandung di dalam produk skincare maupun bodycare yang dapat membuat kulit kering bahkan iritasi. Jadi aman untuk semua kulit ya. Yang bikin aman juga, sabun ini juga sudah teregister BPOM dan halal MUI lho, bisa dicek di website halalmui.org.

Setelah pakai sabun muka Scarlett ini selama dua minggu, wajah terasa lebih halus, komedo di daerah T nampak berkurang.


Review Scarlett Whitening Acne Serum

Kalau serum jerawat Scarlett, kemasannya punya tampilan simple dengan label berwarna ungu dan menggunakan botol pipet kaca bening imut isi 15 ml. Dalam dusnya dilengkapi juga dengan plastik penahan botol sehingga aman dan tidak terguncang saat pengiriman. Seperti produk Scarlett Whitening lainnya, di kemasannya ada barcode BPOM yang bisa kita scan untuk dicek di website BPOM.

Acne Serum ini punya kandungan Tea Tree Leaf Water, Salicylic Acid, Jeju Centella Asiatica, Liquorice Extract dan Vitamin C. Produk ini juga bebas merkuri, bebas hydroquinon, non alkohol, non perfume dan cruelty free. So pasti serum ini pun aman, tuk kulit berjerawat atau yang sedang break out. 

Kandungan Tea Tree Water atau air daun teh, berfungsi untuk melawan bakteri penyebab jerawat, melembabkan kulit, membantu mengurangi beruntusan serta mengurangi minyak di wajah.  Salicylic Acid bermanfaat medakan peradangan yang terjadi saat jerawat muncul, mengangkat kotoran penyumbat pori pori yang berpotensi menjadi komedo. 

Kandungan lainnya pada serum jerawat Scarlett adalah Jeju Centella Asiatica. Tanaman Asia yang sering disebut gotu kola ini, berguna di kulit untuk menjaga kelembaban, mengurangi peradangan, mencegah dan mengurangi kerusakan dan mempercepat penyembuhan luka. Liquorice Extract, kaya nutrisi bermanfaat bagi kulit, melindungi kulit dari paparan sinar matahari, mengatasi jerawat dan kulit kemerahan, menyerap kelebihan minyak, serta mencegah hiperpigmentasi. Selain itu, ada kandungan vitamin C yang  berguna menghilangkan flek, bekas jerawat, serta sebagai anti oksidan.

Teksturnya cair, agak berbau, karena non perfume ya. Tapi namanya juga obat, yaa yang penting aman dan khasiatnya. Saya suka karena dia bening dan tidak lengket, jadi gak terlihat di kulit wajah saat diaplikasikan.

Saya pakai Scarlett Whitening Acne Serum pagi dan malam hari dengan meneteskan 2-3 tetes serum, usap terutama di area yang berjerawat. Hasil penggunaan serum ini selama 2 minggu, bisa terlihat di foto:
Minggu ke 2 kelihatan udah samar bekasnya ya. Lumayan.. daripada tanpa serum ini biasanya sebulan atau lebih jejak jerawat membekas di kulit.

Yeay! Akhirnya nemu juga perawatan praktis yang pas tuk kulit wajah saya. Buat saya, duo Acne Serum dan Facial Wash dari Scarlett Whitening ini jadi jurus oke untuk atasi jerawat yang muncul musiman. 

Kalian gimana? Kuy, yang punya pengalaman masalah jerawat, berbagi di kolom komentar yaa.
Previous Post
Next Post

10 komentar:

  1. Jerawat itu meskipun musiman tetap nyebelin yah. Untungnya ada
    Scarlett ini yaitu Acne Serum dan Brightly Ever After Serum ya ... yang penting telaten pakenya.

    BalasHapus
  2. Wow 🤩 ulasannya keren bgt, produknya bagus ga pake merkuri dan hidrokinon yg merusak kulit, thanks sudah berbagi info 😘😘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bermanfaat kak. Terima kasih juga kunjungannya

      Hapus
  3. Suka banget dengan packaging yang facial wash-nya, lain dari yang lain. Rampingnya itu loh, bikin asyik dijadikan sahabat kala travelling.

    BalasHapus
  4. Biasanya saya jerawat kalau mau dekat masa bulanan. Omong-omong itu biasanya habisnya dalam jangka waktu berapa lama, Mbak?

    BalasHapus
  5. Jerawat memang bikin keki, apalagi seperti saya jerawatnya gede dan sakit. Boleh juga nih serumnya mba nanri saya cobain.

    BalasHapus
  6. aku juga pake brand ini mbak, pertama cobain untuk produk bodycarenya dan emang bagus.
    terus terakhir ini pake acne serumnya, dan beruntungnya baik baik saja dikulitku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Scarlett banyak yang cocok. Insyaallah bisa untuk semua jenis kulit

      Hapus