Selasa, 02 Maret 2021

4 Hal Ini Harus Dihindari Saat Memandikan Si Kecil

Siapa yang deg-degan saat mandiin si kecil yang masih bayi? Hehe... Wajar kok, memandikan bayi memang bisa jadi pengalaman yang mendebarkan buat orang tua yang baru aja punya si kecil. Jadi ingat, zaman dulu saya mandiin jagoan seringnya minta ditemani Ibu alias si Eyang.  

Nah supaya gak deg-degan, para bunda nih sebaiknya menyiapkan berbagai perlengkapan penting sebelum memandikan bayi. Mulai dari bak mandi bayi, air hangat, spons, dan handuk. Penggunaan sabun khusus seperti Ms Kids Bubble Wash juga harus disediakan ya, jangan pakai sabun dewasa. Plus, perlu juga menghindari beberapa hal berikut ketika memandikan si kecil.

Hal Ini Perlu Dihindari Ketika Memandikan Bayi


1. Jangan Memandikan Saat Si Kecil Lapar Dan Mengantuk

Si kecil yang belum bisa bicara dengan bahasa kita, sebaiknya dituruti kemauannya. Pasalnya, memandikan si kecil saat ia lapar dan mengantuk bisa mempengaruhi kondisi mentalnya menjadi seperti terancam. Akibatnya, waktu memandikan yang salah ini bikin si kecil menangis dan rewel. Kondisi ini bahkan bisa menyebabkan bayi tidak suka mandi.

2. Menggunakan Bak Terlalu Besar

Kondisi tubuh bayi yang kecil sebaiknya disesuaikan dengan penggunaan bak yang kecil pula. Hal ini karena kondisi bak yang kecil dapat memudahkan bunda untuk mengontrol suhu air. Sebaiknya, bak yang terlalu besar seringkali membuat bunda kewalahan. Akibatnya, bunda akan kesulitan memegang bayi yang bisa berdampak pada kecelakaan.

3. Membiarkan Bayi Kedinginan

Sebelum memandikan bayi, sebaiknya bunda mengontrol suhu air yang sesuai. Perlu diingat, jangan melepas baju si kecil jika peralatan mandi belum siap. Hal ini bisa membuat bayi kedinginan sehingga menyebabkan berbagai penyakit mudah menyerang. Selain itu, tidak disarankan pula untuk memandikan si kecil terlalu lama, agar ia tidak kedinginan.

4. Menggunakan Produk Secara Sembarangan

Kulit bayi yang sangat sensitif mengharuskan bunda untuk selektif dalam memilih produk. Pasalnya, pemilihan produk yang tidak tepat dapat membuat bayi merasa tidak nyaman ketika dimandikan. Kondisi ini bahkan bisa berdampak pada alergi kulit jika tidak cocok dengan produknya. Produk sabun bayi yang direkomendasikan adalah Ms Kids Bubble Wash. Sabun ini  punya kandungan bahan-bahan alami seperti avocado oil, royal jelly, aloe vera dan kolagen. Produk ini bahkan sudah teruji klinis dan cocok untuk semua jenis kulit si kecil. Ms Kids Bubble Wash dan produk berkualitas lainnya untuk si kecil bisa diperoleh di https://www.msglowid.com. Lengkap dan aman pastinya.

Tips-memandikan-bayi


So, memandikan bayi sebaiknya dilakukan secara perlahan dan hati-hati ya. Bunda jangan melakukan beberapa hal di atas karena dapat mengancam kesehatan dan keselamatan si kecil. Selain itu, penggunaan produk alami yang berkualitas juga direkomendasikan.

Punya pengalaman saat memandikan bayi pertama kali? Yuk share di kolom komentar.

***

Baca juga:
Me time dengan mandi cantik 😉.

Previous Post
Next Post

22 komentar:

  1. Aku jadi membayangan mbak. Emm besok lusa apakah aku bisa memandikan si kecil yg masih bayik? Ahahaa
    Makasih tips ya mbak, btw MS Glow top banget sih. Menyediakan berbagai produk untuk semua usia ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo udh jadi ibu pasti bisa meski awalnya dag-dig-dug hehe. Yoi ms glow top

      Hapus
  2. Aku mau komen tapi biasanya yang mandikan Maryam, istriku eh.

    Tapi memang benar sih, semuanya harus sudah siap dulu sebelum mulai memandikan anak. Misalnya aja air panasnya sudah dituang ke bak berisi air sehingga hangat, handuk dan sabunnya sudah siap, kalau bisa, ada mainannya juga disiapkan supaya nggak muter-muter aja pas mandi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekali² bapaknya yg coba mandiin jg rapopo 😁

      Hapus
  3. Baru tahu aku mbak, kalau memandikan anak kecil jangan pas mereka mengantuk atau lapar. Coba aku rekomendasikan produk ini ke beberapa teman yang punya anak kecil ya

    BalasHapus
  4. Kemasannya unyu banget ini MS Kids Bubble Wash. Memang Kulit bayi yang sensitif bikin kita selektif dalam memilih produk, agar bayi merasa nyaman ketika dimandikan. juga menghindari terjadinya alergi ya..

    BalasHapus
  5. Aku terpincut dengan botol sabunnya, kok lucu banget. Itu kalau anakku tahu pasti langsung minta dibelikan. Mana ada gambar jerapahnya lagi.

    BalasHapus
  6. Iya ya. Memandikan bayi terutama di pagi hari ya perlu diberi susu dulu agar perutnya nggak kosong. Biasa kalau dimandikan saat lapar, selain jadi rewel ya bisa masuk angin.

    BalasHapus
  7. Hebat yaa ms glow inii udah merambah ke dunia anak2 jugaa hihi. Keren banget.
    Penasaran sama harganya dan varian2nya yg lain. Cuzz ah jalan2 ke webnya. Thanks mba reviewnya

    BalasHapus
  8. Pakai produk bayi sembarangan itu sama aja pelan-pelan meracuni bayi kita. Mandi di bak yang terlalu besar juga sangat berbahaya. Bisa tenggelam bayi kita. Kita aja yang lihatnya enteng, tapi sesungguhnya membahayakan.

    BalasHapus
  9. Perdana sekali saya mandiin bayi adalah saat memiliki anak pertama. Dan saya juga gak nyangka bisa memandikan makhluk mungil yang bahkan pada saat single dulu mandiin adek kandung atau ponakan pun belum pernah.
    Hehe, pernikahan adalah sekolah kehidupan.

    Poin keempat ttg memilih bahan yang aman buat bayi adalah hal yang paling penting. Mengingat kulit bayi masih sangat sensitif terhadap produk yang kemungkinan bisa mengiritasi kulit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya bener² sekolah kehidupan. Jd ibu pun bnyk belajar dari anak yaa

      Hapus
  10. Jangan memandikan bayi saat lapat atau mengantuk. Kalau itu jelas nggak akan bisa bayinya yang ada malah kita dibikin mandi sama si bayi haha. Ketawa sambil ngebayanyin anak bayi nangis pas dimandiin
    Just kidding mbaj

    BalasHapus
  11. Ternyata ada ketentuannya juga ya saat mandikan si kecil. Biasanya pake air hangat sih yang aku tahu.

    Ada produknya friendly juga untuk si kecil

    BalasHapus
  12. Saya baru berani mandiin bayi pas dia udah 3 badannya mungil jadinya kawatir kenapa2, ms glowkids punya kandungan yang bagus buat kulit bayi, rekomen nih

    BalasHapus
  13. Saat saat memandikan bayi bagiku adalah saat yang paling menyenangkan. Selain bonding ke bayi, juga menjalani perbedaan dari bayi yang masih bau asem ke bayi yngy jadinya harum banget.
    Btw, MS glow ini sudah ngeluarin produk buat anak-anak ya. Jadi semakin penasaran nih pakai MS glow kids.

    BalasHapus
  14. Wah setuju banget mbak. Memang kudu hati2 ya karena si kecil emang butuh perawatan extra, juga pengawasan saat mandi. Ms Glow Kids ini produknya oke sih, sudah banyak yg pake 😍

    BalasHapus
  15. tipsnya bermanfaat banget pastinya kak kalau nanti aku punya baby, wah jadi bayangin punya baby deh, kedinginan ini yang sangat berbahaya ya eh yang lainnya juga berbahaya sih

    BalasHapus
  16. untuk baby pastinya kita mau kasih yang terbaik yaa mba, termasuk pilih produk mandi untuk si kecil yang aman, nyaman dan gak bikin alergi

    BalasHapus
  17. dari anak pertama sampe anak kedua, aku baru berani mandiin mereka pas udh pada bisa berdiri mba :D. jd selama baru lahir itu yg mandiin babysitter anak2ku :D. ga berani.. ntah keapa aku lgs ngerasa takut si bayi yg msh rapuh jatuh, ato masuk ke bak -__- .. makanya di awal2 mereka lahir, udahlaah ksh aja ke babysitter dulu yg udh pengalaman.

    naah tapi kalo pilih2 sabun dan peralatan mandinya, aku sukaaa :D. entunya dengan memilih barang2 yg pasti aman buat kulit mereka... Ini lucuuuu amat yaaa botolnya MSKIDS.. Aku tahu sih merk MSGLOW, tapi baru tahu kalo ada produk anak2nya juga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe.. iya yaa klo ada babysitter memang itu salah satu tugasnya. Betul, rata² pasti pada tau ms glow yg udh ngetop. Klo produk tuk anak ini mereka baru launching.

      Hapus
  18. MS Glow emang rekomendasi ibu2 yang pnya baby ya mbak

    BalasHapus