Rabu, 14 Februari 2024

Android Yummy Rasa Camilan

#Update artikel ah! 
Android yummy rasa camilan, judul artikelnya aneh ya? Maksudnya mau bahas android apa makanan camilan tuh? Hehehe. Tebak-tebak buah manggis, android memang manis... dia berhubungan erat dengan makanan camilan, atau makanan pencuci mulut (dessert).

Cemil bukan ahli IT ataupun komentator sistem komunikasi, tapi Cemil berusaha update dengan perkembangan teknologi dan karena kebetulan memang suka aja ngikutin berita perkembangan teknologi yang makin mempermudah urusan manusia ini.

Jadi, tulisan ini bukan membahas makanan ya, tapi tentang versi sistem operasi robot hijau Android yang pembaruannya diberi nama-nama unik.


Tahukah kamu, bahwa versi android itu berurut abjad dan diberi nama camilan? Jadi penisirin, kalau udah sampai abjad Z pakai apa lagi yak? 

Sebutan nama camilan untuk sistem operasi Android


Sistem operasi Android dikembangkan berkelanjutan oleh Google dan OHA (Open Handset Alliance). Berikut versi lengkap android dan nama-nama sebutannya yang "manis", yang dimulai dari abjad C:
  • Android 1.0 - 1.4 :tidak bernama
  • Android 1.5 : Cupcake (kue mangkuk)
  • Android 1.6 : Doughnut (donat)
  • Android 2.0 - 2.1 : Eclair (kue soes)
  • Android 2.2 : Froyo/Frozen Yoghurt (yoghurt beku)
  • Android 2.3 - 2.4 : Gingerbread (biskuit jahe)
  • Android 3.0 - 3.2 : Honeycomb (sarang lebah / madu)
  • Android 4.0 : ICS = Ice Cream Sandwich (roti es krim)
  • Android 4.1 : Jellybean (permen jelly)
  • Android 4.4 : Kitkat (coklat wafer)
  • Android 5.X : Lollipop (permen lolipop)
  • Android 6.X : Marshmallow (permen kenyal)
  • Android 7.X : Nougat (permen kacang)
  • Android 8.X : Oreo (merek biskuit) 
  • Android 9.X : Pie (kue pai) 
  • Android 10.X : Q
  • Android 11.X : Red Velvet Cake (jenis cake warna merah) 
  • Android 12.X : Snow Cone (es kerucut salju) 
  • Android 13.X : Tiramisu (pencuci mulut rasa kopi) 
  • Android 14.X : Upside-down Cake (kue terbalik yang populer di AS, Brazil & Portugal) 
  • Dst. 
Nyam nyam... Yummy semua kan, camilan sistem operasi itu? Khusus untuk android Q, disebut Q aja. Kenapa ya, apa karena gak ada ide? Hehe.. Padahal ada tuh makanan Perancis Quiche, eh tapi dia asin sih. 

Ponsel android terbaru sekarang umumnya tersemat Android 14. Tapi udah ada kabar bahwa android 15 yang diberi nama V untuk Vanilla Ice Cream akan dirilis Google sekitar Maret 2024. Eaa sebentar lagi tuh. 

Dulu, di Google Campus, ada Android Statue Garden yang setiap dirilis versi baru android, maskotnya diabadikan dalam bentuk patung pajangan. Jadilah halaman Google Campus penuh patung robot hijau bersama camilannya. Lucu deh.. dan kreatif! Sayangnya, setelah ditutup selama wabah Covid, tahun 2022 yang lalu kabarnya taman yang terletak di Mountain View California ini kosong, tak ada lagi patung-patungnya. 

Android_garden
Android Statue Garden
Pict : alamy.com

Seinget Cemil, dulu mulai pertama kali pakai ponsel android itu yang versi Gingerbread, dan yang terkhir sekarang dipake itu beli ponsel versi Pie yang sekarang telah update jadi Tiramisu. Rasanya belum setahunan, sudah ada 3 versi dikeluarkan oleh Divisi Android yang merupakan bagian dari Google Inc. ini.

Untuk apa Android diperbarui sistem operasinya terus menerus? Tentu untuk menjadi makin canggih ya... Seperti sistem operasi lainnya: ios, windows, linux, dll., update terbaru selalu dirilis, sehingga sistem menjadi lebih cepat, lebih aman, lebih hemat daya, tampilan lebih baik, serta menghilangkan bugs atau errors pada versi-versi sebelumnya. Pembaruan sistem juga mengakomodir perkembangan zaman dan kebutuhan konsumen yang berubah-ubah. Kalau ibarat makanan, pembaruan dibuat supaya tidak makan camilan itu itu saja, alias harus ada variasi agar tak bosan.

Nah, untuk ngicip "yummy"-nya sistem operasi Android terbaru, kita tidak selalu harus beli ponsel baru loh ya.. karena kebanyakan merek ponsel menyediakan pembaruan otomatis sistem operasi android pada handset-nya. Tinggal cek pembaruan sistem di menu pengaturan (setting) dan ikuti langkahnya, maka ponsel dapat di-update sistem android terbaru.

So, camilan apa yang ada di ponsel androidmu? Sudahkah diperbarui? Ada yang bisa menebak, sistem operasi android selanjutnya yang berinisial W-X-Y kira-kira nanti camilan manis apa ya?

Latest
Next Post

Lifestyle blogger, reviewer, content writer

22 komentar:

  1. Mantaps mba rini .. baru tau ternyata infonya

    BalasHapus
  2. Baru tau deh nama2nya. Kreatif yaa menggabungkan teknologi dan makanan. Nyummy.. :)

    BalasHapus
  3. Woalaahh baru tahu akutuuu kalo OS nya android semuaaaaa serba jajanan manisss. duh jadi laperrr hhahahaha

    yappp menyenangkan bgt klo tahu trivia fact kyk gini yahhhh. wawasan jd nambah

    BalasHapus
  4. Judulnya beneran bikin penasaran hehehe, keren banget kepikiran bikin judul seperti ini.
    Memang beneran deh android manis banget penamaannya, semua diambil dari kata-kata camilan. Mungkin jadi sebuah mantra supaya para pengguna android makin melekat sama benda serba bisa dalam satu gengaman ini..
    Sebentar lagi dong ya rilis yang terbaru, bulan Maret dan ku sangat menantikannya.

    BalasHapus
  5. Permah ngerasain android Pie, Oreo, eh sekarang udah mau Vanila aja. Cepet banget updatenya. Lucuu ya kalau dinamai dengan cemilan, jadi mudah dihafal.

    BalasHapus
  6. Aku sampe cek androidku yg berapa. Ternyata udah 14. Berarti Maret bakal update lagi yaa ๐Ÿ˜„. Dulu sempet ngikutin mba. Tapi Krn ganti2nya sering banget, dah bubhaay lah ๐Ÿ˜‚.dah ga hapal.

    Tapi memang harus di-update sesering mungkin. Namanya juga hacker pun makin canggih yaa ๐Ÿ˜„

    BalasHapus
  7. unik-unik ya namanya saya baru mengetahui istilahnya dari Android 4.0 : ICS = Ice Cream Sandwich (roti es krim) sama Jellybean itu, sebelumnya say ga pernah ngecek-ngecek, dan setelahnya juga selintas saja tahunya, tapi ga inget semuanya. Unik-unik ya istilahnya dengan menggunakan jenis kue, bayanginnya lucu, girly banget

    BalasHapus
  8. Iyaa banyak bener nama sistem operasinya karena update terus, lama-lama nanti ada android bakwan jagung, android klepon hihihi..iya harus sering intip update system biar ponsel kita dapat pembaruan dan kinerjanya lebih lancar ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baca ini aku jadi baru ngeh kalau Android sekarang udah sampai huruf Y. Habis Y terus Z lalu kemana yah, hehe.. tapi lucu-lucu sih emang nama OS nya ini, menarik...menilik komen mbak Dedew di atas ini, sapa tau ada Android Pecel ya, dari Culinary Around the World, hihi

      Hapus
  9. memang sistem operasinya nama nama kue ya kebanyakan, mungkin karena programmernya lagi mamam kue kue itu jadi kepikiran buat ngasi namanya. Mudh mudahan nanti ad wakil dari jajanan Indonesia

    BalasHapus
  10. W: Wingo Babat, Wajik
    X nya mungkin Xingren doufu (dessert tahu khas China)
    Z nya bisa Zeppole (donat Italia), Zopf (roti Swiss) atau Zinger Cake
    wkk.. boleh dong ngarang dari sekarang...

    BalasHapus
  11. Saya ingat dulu istilah untuk Android itu memang aneka macam cemilan. Tapi sejak versi ke berapa, Saya lupa udah nggak ingat lagi, kalau disebut sebagai makanan. karena Kayaknya udah terbiasa dan udah jadi hal yang tidak terlalu menonjol dalam pikiran saya, baca ini jadi ingat lagi bahwa Oh iya ya namanya makanan semua

    BalasHapus
  12. Oalah, ini sistem operasi android ya
    Aku kira ini artikel bahas tentang beragam cemilan
    Hehe
    Hmm apa ya punyaku, kok aku malah g tahu
    Ntar deh tanya suami

    BalasHapus